Saturday, December 18, 2021

MENGENAL KONSEPSI SUKMA MANUSIA

Ramai sekali temen temen bertanya tanya soal, konsep sukma,  hanya ntah knapa, waktu itu, belum sempat sempat bikin artikel yg lebih sederhananya. Berhubung, sekarang moodnya sudah turun, kayaknya dibikin aja lah ya.

Sukma pada dasarnya adalah Tubuh tambahan pada Roh (diri kita). Tuk memahaminya mungkin begini... pada saat Roh , yaitu diri kita pertama kali di"produksi" oleh Tuhan dari alam asal.  Ia dicipta tuk menjalankan tugas.

Oleh karna itu di"turunkan"lah Roh ke alam dualitas, atau  padat tuk menjalankan Tugasnya. Dari Alam Roh, turun ke alam spiritual, ke alam kosmik, lalu turun terus , terus ,ke alam intuisi, ke alam mental , alam emosi  sampai ke  alam yg lebih padat yaitu alam fisik atau kita menyebutnya dgn alam dunia.  Soal lapis alam semesta ini, banyak teori ya, cuma konsep umum,  alam semesta ada 7 lapis. Mungkin gak akan kta bahas detail.

Hukum nya, Ditiap lapis alam, roh yg" turun" ini memerlukan "baju"  , berikut perangkat pendukungnya, agar ia bisa 'eksis' dialam tersebut. Maka terbentuklah, lapis lapis tubuh ditiap lapis semesta, makanya di konsep yoga , kta mengenal istilah tubuh eterik tubuh mental, tubuh emosi, tubuh emosi halus, tubuh intuisi, tubuh spiritual, dan lain lain. Beberapa  menyebutnya dgn istilah konsep pancha kosha.

Tubuh tubuh inilah, yg pada akhirnya kita sebut dgn sukma. atau tubuh energi, yang  diketahu berjumlah 7 buah (konsep umum), Selain dari tubuh fisik.  Oleh karna itu, tak aneh, ada pakar yg menyebutkan bahwa manusia itu adalah makhluk multidimensi, karna mansia punya koneksi ditiap lapis alam semesta melalui sukma atau tubuh energi atau tubuh astralnya.

Fungsi sukma ini sangatlah penting,  Selain "pakaian" , ia adalah "kendaraan" bagi Roh. Sukma mengatur fungsi mental, emosi, emosi halus ,dan  tempat keluar masuk nya energi energi halus manusia, pada sukma jga terdapat chakra dan nadi, yg merupakan "organ" dan "pembuluh" bagi tubuh energi. 

Sukma jg menghubungkann Roh dengan Tubuh fisik, ibaratnya kabel pada perangkat elektronik,  bsa dkatakan Roh punya 7 kabel ke tubuh fisik karna memang sukma ada 7 lapis.

Oleh karna itu, bagi beberapa orang yg sukmanya tidak lengkap, seringkali menimbulkan masalah, mulai dari mudah capek, sering ngeblank, atau pikiran mudah kosong, perasan sulit diatur , dan lain sebagainya.

Pada orang dgn masalah skizofrenia berat, umumnya sukmanya jg bermasalah,  beberapa yg mengalami problem non medis, jg bermasalah dengan sukmanya. Umumnya, ditarik atau sukmanya diganti dgn perangkat lain.

Beberapa jg menggangu keseimbangan sukma yg lain,  tuk keperluan keperluan tdk baik, menyakiti pihak lain, dan lain lain. Mungkin nanti, kta bahas diartikel berikutnya, atau bapak ibuk bsa cek diartikel saya lainnya, sbnarnya hal ini sdah prnah dibahas.

Dalam ranah spiritual, olah sukma menjadi sangat penting, karna kualitas sukma, menjadi penentu kualitas koneksi seseorang dgn Sang Sumber, atau ilahi, dimana Roh berasal. Semakin bersih dan jernih, maka semakin lancar koneksinya, dan lebih ngeh, itulah kenapa kta seringkali melihat, banyak guru guru spiritual, mengajarkan murid muridnya tuk melatih membersihkan  sukmanya, termasuk dalam konsep kundalini dan  teknik chakra ilahi.

Dalam segi kesehatan,  wah jangan ditanya  sukma sangatlah penting, contoh kasus, ada ibu ibu yg sudah puluhan tahun menggunakan pampers, krna tdk tau mampu mengontrol kencingnya, medis dibuat bingung, saya amati sukmanya gak lengkap, setelah sukmanya dikembalikan, bbrapa hari kmudian, beliau bsa beraktivitas tmpa pampers. 

Kasus lain, yg mengalami skizofrenia berat,  bertahun tahun, sdah ramai berobat kemedis dan ustadz dan bahkan paranormal, belum tuntas.  Setelah diamati, sukma beliau tdk lengkap, berada disuatu tempat asing, setelah dikembalikan, eh tak brapa lama beliau, mulai nyambung bicaranya, dan bisa beraktitas, bahkan bekerja.

Aduh banyak sih, contoh kasus, cuma takut artikelnya, kepanjangang. mungkin itu dulu aj deh ya 

Semoga, artikel ini menjawab rasa penasaran  bapak ibuk , yg pada suka nanya, yah.