Monday, January 4, 2021

KUNDALINI, KOK PAKAI SIMBOL YA?

Beberapa ada yg nanya, "Om jer, sebenarnya perlu gak sih, gunakan simbol dalam gunakan energi kundalini? Apa gak dosa?"

Ini sebenarnya, pertanyaan menarik. Kita mesti melihat dari sejarahnya, aslinya kundalini adalah dari india , pure merupakan ajaran yoga, dan sama sekali, enggak menggunakan simbol.

Tren menggunakan simbol, ketika wabah reiki yg notabene berasal dari jepang. Ada varian varian reiki yg gabungin reiki dan kundalini, sehingga lahirlah tren gunain kundalini menggunakan simbol.
Makanya, gak heran, kalau istilah simbolnya makai lafalan huruf jepang. Ya, karna emang konsep simbol ini berasal dari jepang , kalau tak salah, lahir dieranya chujiro hayashi, yg ingin memudahkan reiki.

Lama kelamaan, penggunaaan simbol mulai marak dalam akses energi, sehingga lahirlah simbol simbol baru, yg biasa ditemuin sama master master bule. Sya lupa nama nama simbolnya.

Diyakini, penggunaaan simbol ini, sebagai alat bantu bagi praktisinya, agar mudah menggunakan energi.

Misal, energi, bisa dikonsep untuk pembersih, pencabut, penyembuh, penguat dan lain lain. Konon, bagi praktisi pemula, hal ini sangatlah sulit, jadi maka dibuatlah konsep simbol.

Terus terang, sya termasuk kayak bapack ibuck jga, resah dgn konsep simbol itu sendiri, bbrapa simbol ada yg mirip simbol ajaran sekte jaman dulu.  Yang sya gak tau, ntah apa artinya.

Ada senior saya, yg merupakan tamatan sastra jepang, yg emoh gunakan simbol tertentu, karna dia gak cocok sama arti simbolnya secara bahasa,  Sebut saja Dai Ko myo (kalau tak salah).

Dalam pengalaman, lain, ada temen yg badannya dimasukkin simbol.  banyak, lalu dilihat sama pemuka agamanya, yg emang bisa mataketiga, pemuka agamamya ini kezel, ngapa badan jamaahnya, dimasukkin simbol simbol gak jelas, atau konon seperti simbol ajaran spiritual sekte jaman dulu.

Bagi bbeberapa  orang  gak nyaman dgn hal ini, termasuk sya pribadi sebenarnya. Saya jg resah sih.

Makanya, dulu, sya coba hindari penggunaan simbol, walau sbnarnya susah, krna disistem keilmuan trtntu, kadang simbol sdah include disistem keilmuannya, walau gak pakai, y tetep badan penuh simbol simbol.

Apalagi, setelah ada yg bantu sya liat cek, apa sbnarnya simbol ini. Dan kemana simbol ini terhubung. Jadi sya mulai mikir sndiri...walau mmang  ada jg yg memodifikasi simbol ini, jdi lbih cocok dpakai. Tapi, saya pribadi, ttap gak sreg sih.

Hingga ya, mulailah sya mulai gunain  energi yg gak pakai simbol. Dan mulai fokus kekundalini yg versi asli, yg emang gak pakai simbol.

Itulah knapa, temen temem yg dibantu kundalininya, dalam penggunaan kundalini, udah gak ada gambar simbol simbolan, atau sebut sebut nama simbolnya.

Cukup niat, dan pola energi akan terbentuk sesuai yg diniatkan, karna pada dasarnya kan, energi bsa kita bentuk dan criet fungsinya.

Yaaah, gitulah bapak ibuk...semoga ngejawab yaaaah...