Saturday, October 17, 2020

TIDAK ADA YANG DAPAT MEMBUATKU INDAH KECUALI DIRIKU SENDIRI

 ####TIDAK ADA YANG DAPAT MEMBUATKU INDAH KECUALI DIRIKU SENDIRI


#Secarik cerita si introvert labil 

Beberapa temen temen yg curhat, berharap agar anxiety atau gangguan kecemasannya bisa hilang seketika lalu gak muncul muncul lagi selamamya, dgn bantuan obat, perlakuan, atau doa oranglain.

Sebenarnya, keinginan ini  hampir bsa dikatakan tdk rasional. Mengapa demikian? Mungkin saya ingin cerita pengalaman sya pribadi. sewaktu dulu kena anxiety dan depresi.

Dulu sya sempat berkeyakinan jga bahwa anxiety dan masalah depresi saya bsa sembuh  dari sesuatu diluar diri saya, ntah itu oranglain, ataupun benda benda tertentu.

Misal, dulu saya sering mndengar audio rileksasi brainwave, mmang enak sbntar, tpi bsok muncul lagi.

Ssya jg sempat mncoba swaktu anxie kambuh dgn menggunakan energi, kayaknya jg enaknya sbntar saja. walau mmang lumayan membantu.

Dulu jg, dgn coba mengalihkan kgiatan, ktika anxie muncul, spertinya gagal jg, apalagi kalau anxienya  muncul dgn kuat.

Saya jg smpat coba cara curhat, terus terang, sya ini , dulunya introvert yg gak bsa komunikasi, jdi curhat itu susah sekali bagi saya. Jadi ,walau agak sulit, sya coba jg cerita masalah saya, sayangnya, gak ada yg mampu memahami dan memberi solusi yg jelas. akhirnya, curhat jg bukan solusi.

Cara cara seperti coba teriak ,ketika anxie muncul jga prnah sya gunakan, bahkan pernah gitu, sya benemin wajah saya kebak mandi, lalu teriak skenceng2nya, sya kira dgn bgitu, akan lega, mmang lega sih, tpi cuma  bentar doang.

Hingga akhira ada suatu quotes yg dikeluarkan seseorang ,beliau mengatakan "Tidak ada yg dapat membuat diriku indah, kecuali diriku sendiri"

Terus terang, quotesnya menarik bagi sya waktu itu, yg sya pahami  dari quotes trsebut, berarti yg bsa nyembuhin anxiety dan masalah depresi saya ini, y hanyalah diri saya sndiri, bukan oranglain, atau benda apapun.

Lalu saya pun, penasaran, lantas bagaimana membuat diri sya indah? bagaimana merubah suasana mood saya yg suka aneh ini?

##############################

Dari beliau, sya diajarkan bahwa ternyata prilaku itu muncul melalui sebuah mekanisme.  Yaitu, mekanisme pemograman dihati atau istilah agamanya kalbu, atau bahasa kerennnya didunia psikologi disebut unconcious mind 

Menurut konsep ini,  Pemograman dihati, sangat menentukan prilaku yg muncul dari diri saya. Jika pemogramannya jelek, maka outputnya pasti prilaku jelek. Dan sebaliknya, jika pemogramannya bagus,  maka outputnya pasti bagus jg , prilaku yg muncul.

Cilakanya, mekanisme ini bekerja otomatis. Diluar pengaturan saya. Pantas saja, saya kesulitan mengatur suasana perasaan sndiri, saya tau itu sslah,tpi sperti ada dorongan otomatis pada diri sya yg mmbuat sya cemas dan sedih tiba tiba. Saya sempat mengira dorongan itu adalah dorongan setan.

Rupanya, dgn pemahaman konsep mekanisme prilaku tadi, saya jadi paham yg terjadi ,bukanlah bgitu, dorongan itu muncul,, ya dari hati sya sndiri, yg mmang programnya lagi salah atau error.

##############################

Lalu saya pun makin penasaran, lantas bagaimana cara merubah pemograman itu? apakah bsa?

ternyata bisa,yg ssya pahami waktu itu, hati saya ini ibarat komputer yg sangat canggih , yg trdapat banyak program didalamnya. Yg namanya progran tntu bsa diubah, oleh siapa?  si programmernya lah. 

Dalam artian ,saya punya hak akses atas komputer saya sndiri. yaitu hati saya. Lalu bagaimana masuk ke sistem program hati  ssya? dan bagimana sistem kerjanya, dan merubahnya...lama lama saya mulai paham..

Hingga akhirnya, kalau cemas, dalam waktu bbrapa detik, sya bsa ilangin perasaan cemasnya, smpai akhirnya, sya sdah jarang cemas gak jelas, bahkan hampir tdk ad.

Lama lama, sya makin yakin bahwa  bener yah...."Tidak ada yg dapat membuatku indah, kecuali diriku sendiri"

Dalam artian, jika kita menginginkan perubahan diri sndiri, maka kta tdk bsa menyerahkan tanggung jawabnya kepada oranglain, atau dgn benda apapun.