Saturday, October 17, 2020

MEDSOS IMPACT

 ###MEDSOS IMPACT

Saya sempat menemukan kejadian kejadian menarik mengenai dampak dari media sosial, yg dulu , gak pernah sya pikirkan sama sekali. Karna yg saya taunya, media sosial, ya sekedar media sosial,  hanya sekedar pasang status buat curhat, atau skedar menunjukkan akrtivitas harian, lalu selesai.

Tapi, ternyata, melalui kejadian kejadian yg sya dengar, alami, dan saksikan, ternyata media sosial ini, jga merupakan 'aktivitas' , yg dampaknya memiliki dampak seperti aktvitas nyata keseharian.

sebagai contoh, ada kisah adik kelas saya, waktu itu ada teman fb, yg temennya itu orang india, jadi mereka komunikasi dgn bahasa inggris, lama lama chatt dan video call,  kedekatannya pun, semakin erat, bahkan jadi pacaran, walau emang, pada akhirnya , gak sampai pelaminan. Namun kisah teman yg lain, ada yg bahkan sampai pelaminan, dgn orang india jga kalau tak salah, dan mereka beneran menikah.

Bisa bayangkan? dgn medsos, orang yg beda benua, bisa nikah.  waw ya. 

Kisah lain, kisah temen saya jg, yg deket sama lelaki, yg dikenal lewat medsos, yg karna komunikasinya, temen ini, sampai rela pergi keluar kota dgn prjalanan bbrapa jam,lalu datengin hotel sendirian, menginap disana sendirian, sambil nungguin, nanti katanya pacarnya yg dikenal lwat Medsos akan datang. 

Temen ini cewek, dan masih gadis. Untung saja, Allah masih ngelindungin ini temen, dari laki laki yg  pacarnya itu, yg trnyata cuma mau morotin dia, 

untungnya cuma morotin duit, bukan morotin yg seprti yg saya takutkan. Saya denger cerita ini, sambil ngelus ngelus dada.waktu itu.

kejadian ini karna  apa?lagi lagi  gara gara interaksi dimedsos.

Kisah lain, kisah ada temen saya lagi, ditipu beberapa juta.  katanya, jika melakukan amalan, dan ritual, plus beri jimat dari dia, dia bakal dapat kelancaran dalam bisnisnya.

Dan setelah transfer beberapa juta. bbrapa kali, si paranormal ini , tiba tiba ilang, dan memblokir si temen ini. Bayangkan, bisa lepasin uang berjuta juta, sama orang yg identitasnya gak jelas.Dan sama sekali gak ketemuan....!!! Melalui interaksi medsos tentunya.

Lalu, kemaren kita bsa ada denger cerita, gara gara suatu informasi dimedsos, sehingga mennyatakan bahwa presiden sebagai PKI dan agen ilmunati (masih pada inget?).

Lainnya, ada gara gara informasi di medsos, muncul gerakan gerakan di indonesia yg mengatakan bahwa bumi itu datar . Padahal dalam bersamaan mereka menggunakan teknologi goggle maps.  Menarik ya?  dari sini kita dapat gambaran bahwa begitu mudahnya informasi menyebar di medsos dan menginfluence banyak orang.

Kisal lainnya, ada temennya temen ,yg memanfaatkan media sosial dan kemampuannya membuat iklan, hingga akhirnya mendapat income yg stabil dan lumayan sekali. Sehingga kerjaan sehari harinya, cuma dirumah saja, lalu  jalan jalan  deh sama istrinya. 

Kita liat, bagaima media sosial, dapat membawa perubahan NYATA , pada seseorang bahkan komunitas. Mulai dari perubahan pemikiran, sikap , bahkan perubahan ekonomi.

Saya ingat jg, gimana dulu gerakan demo diwaktu revolusi mesir, menggunakan media sosial untuk bsa saling berkomunikasi.

Wah saya, jadi berpikir, betapa MEDSOS ini luar biasa. Bagi beberapa orang yg mampu membaca, mungkin  merasa bahwa MEDSOS IMPACT menghadirkan banyak peluang peluang baru, yg rugi jka tdk digunakan.