Saturday, October 10, 2020

KUNDALINI SESAT?

####KUNDALINI SESAT?

Bebeberapa kali,  saya mendengar, bahwa ada yg menyampaikan bahwa  katanya kundalini itu sesat. Misalnya, dgn mengatakan bahwa setelah belajar kundalini nanti orangnya jadi gak mau lagi solat lagi, dan sibuk meditasi aja. Ada juga yang mengatakan bahwa dengan belajar kundalini malah jadi percaya reinkarnasi, akidahnya malah rusak.

Mungkin gak begitu  juga ya, sebenarnya kundalini ya kundalini saja harusnya, ia adalah sumber energi yg dapat digunakan untuk beragam manfaat. Mulai dari memudahkan untuk santai, memudahkan mendapatkan kesehatan yang optimal, mendapatkan peningkatan kepekaan terhadap energi,  dan lain sebagainya.

Namun tidak bisa dipungkiri, memang faktanya, ad juga yg setelah belajar kundalini, keyakinannya rada berubah, maksudnya disini, beberapa aspek keyakinan sebagai muslim.

Misal dalam hal aspek Ketuhanan, maupun aspek tentang hari akhir, yg kalau kita amati, kok rada beda y, dari pemahaman keislaman

#########################################

#Fakta lapangan

Misalnya, saya ada temen, muslim. Setelah beliau belajar kundalini, sekarang beliau malah gak yakin bahwa Allah itu ada. keyakinannya malah seperti masternya.

ada juga yg setelah belajar kundalini, kerjaannya meditasi aja, gak solat solat lagi. Ada juga yg malah ngegeser menjadi yakin terhadap reinkarnasi, atau kelahiran kembali sebagai hewan, tumbuhan ,manusia atau manusia saja.

ini fakta dilapangan, terus terang, sya dulu sempat ngeri juga pas mau belajar kundalini, takut ikut ikutan ngebelok juga. Sampai sampai ad senior saya, yg ngingetin, gak usah aja deh belajar energi ataupun kundalini..

ntar bisa kesesat. Begitu katanya.

#########################################

#Kundalini dan pengalaman spiritual

Jika kita ingin lebih dalam membahasnya,  kenapa kok ada, yang setelah belajar kundalini, malah  bisa berubah gitu pemahaman keislamannya?

Menarik juga ya,  mungkin begini.

Kundalini, sebenarnya adalah teknik spiritual dari india. Konsep dasarnya,  latihan kundalini tujuannya y, untuk mencapai puncak spiritual tertinggi, yaitu moksa, atau mungkin mencapai nirwana, sehingga bebas dari  siklus reinkarnasi. Jadi, monsepnya memang udah dari  sononya begitu.

Jadi, bisa jadi, yg ngelatih kundalini, mengalami juga berbagai pengalaman spiritual yang unik. Misal, ada yg dalam meditasi, melihat alam dimana terjadinya proses reinkarnasi.

Ada juga yang mengalami, bertemu dgn yg diyakini roh roh suci, misal seperti dewa, nabi , wali. Dan menariknya, semua pengalaman pengalaman itu dirasa sangat nyata, sehingga begitu menyakinkan

Saya misalnya, pernah juga meditasi, tiba tiba rada kaget, ngeliat saya ad dijaman mana gitu. Saya sempat mikir "Waah, jangan jangan ini past life gue nih hehe".

Singkatnya, Bisa jadi, akan ketemu dgn hal hal bersifat "spiritualitas", sehingga cenderung pengalamannya terasa seperti sesuatu yang sangat tidak mungkin keliru

##########################################

#Perbedaan pengalaman spiritual para master

Soal pengalaman spritual ini sebenarnya menarik. Saya pribadi sempat diskusi, dengan beberapa master kundalini.

Dari pengalaman diskusi, saya menemukan, ada master yg dari pengalaman spiritualnya menemukan bahwa reinkarnasi itu  tidak tepat. Jadi beliau makin mantap keimananannya dgn islam.

Diskusi yang lain, Ada juga master, yg  seorang muslim juga, menemukan bahwa  reinkarnasi itu ada. bahkan ad jga master yg sampai bilang Allah itu enggak ad, yg ada cuma dewa saja. 

Ada jg yg menemukan, reinkarnasi itu ada, tapi dgn sedikit modifikasi konsep lebih diarahkan kekonsep islam, misalnya manusia yg telah meninggal bisa terlahir kembali alam dunia selama belum terjadinya kiamat. Jadi, siklusnya ad terus (atau bisa terhenti kalau amal sudah cukup), dan batasnya adalah hari kiamat. dimana ada pengadilan, penentuan surga dan neraka. Dan dalam konsep beliau, manusia hanya bereinkarnasi jadi manusia lagi, tidak ada yang bereinkarnasi jadi hewan atau lainnya.

Jadi, memang gak sepenuhnya, adopsi konsep reinkarnasi asli, tapi tetep ad ajaran islamnya yg tinggal (kiamat, surga dan neraka)

Nah, tentu ini menarik.

Sama Sama melatih kundalini.

sama sama master.

Sama sama memiliki pengalaman spiritual

tapi, hasil pengalaman spiritualnya, bisa beda.

Lantas, mana dong yg bener?

gak mungkin dong, smwnya sama sama bener?

##########################################

#Perbedaan pengalaman spiritual adalah wajar saja

Dari uraian sebelumnya, kita merasakan adanya perbedaan hasil dari pengalaman spiritual. Apakah hal ini aneh? sebenarnya gak jg. Perbedaan pengalaman spiritual sebenarnya sudah terjadi dari dulu dan dari "sononya".

Sebagai contoh,Para ahli spiritual hindu, punya konsep reinkarnasi, ada keyakinan bahwa Tuhan yg esa itu ada. Dan surga neraka itu ad, tapi sifatnya sementara, setelahnya ad reinkarnasi kembali.

Budha gautama juga ad pengalaman spiritual,  beliau juga menemukan bahwa reinkarnasi itu ada, surga neraka jga ad, namun sifatnya sementara, ad reinkarnasi, tapi berbeda dgn ajaran hindu, beliau menemukan bahwa Tuhan itu gak ada. atau mungkin ada yang bilang budha masih ragu tentang ada atau tidaknya Tuhan pencipta. 

Beda lagi dgn konsep dari muhammad saw, beliau menemukan bahwa Tuhan itu ada dan esa. Pada islam reinkarnasi enggak ada. kiamat dan hari pengadilan akhir itu ada, dan tentunya. Keberadaan ruh manusia di surga dan neraka, itu bersifat selamanya...tanpa akhir.

Kerasa banget yah, perbedaannya...

Jadi, sebenarnya, perbedaan mengenai pengalaman spiritual ini, memang sudah ada dari dulu dulunya ya. Jadi, tidak perlu merasa aneh, atau baper duluan dgn perbedaan yg ada.

##########################################

#Memilih "Jalan Aman"

Jika diamati, ternyata pengalaman spiritual para master kundalini bisa berbeda, padahal sama sama melatih kundalini.yg jadi pertanyaan, mana yg benar? tentu kita yg cuma nubi ini pada bingung ya.  

Itulah kenapa, memang "lebih aman", jika belajar kundalini, berpegang pada konsep ajaran yg diyakini. Di islam,  diyakini bahwa Alquran adalah sebagai wahyu yg diyakini tidak mungkin keliru. Dan pengalaman spiritual nabi muhammad saw dijadikan "acuan dasar"  kebenarannya.

##########################################

#Teknik Dan Filsafat teknik

Tak jarang teknik energi sudah include dgn pemahaman spiritual foundernya. Jadi, mungkin, susah juga, untuk gak ter"pengaruh" oleh sistem "filsafat" tekniknya, kadang.

Sebagai contoh, ad temen yg muslim, lulusan pesantren belajar Reiki, yg Grand Masternya gak yakin sama dgn adanya Sang Pencipta. Terakhir denger denger, beliau udah gak yakin lagi dgn adanya Allah, yakinnya  sama dewa. Menariknya, pengalaman spiritualnya persis sama dgn GM beliau.

Saya yg  denger ungkapan demikian, lumayan kaget juga didalam hati ya. 

##########################################

#Antara pengalaman spiritual dan wahyu

Ada teman saya, mengatakan hal menarik, katanya ada satu hal yang mungkin perlu dipahami sebelum dan ketika menjalani pengalaman spritual, 

yaitu, ketika ad benturan, antara pengalaman spiritual dan wahyu (alquran). 

Pertanyannya, mana yg perlu dijadikan sandaran. atau acuan kebenaran?  

Sebagai muslim, tentu tidak elok mengatakan bahwa pengalaman spiritual dirilah yang tepat. Tetaplah, berpegang pada wahyu. begitu kata beliau.

Menurut beliau lagi, pengalaman spiritual bisa saja keliru. Seperti saya yang kaget melihat tayangan peristiwa ketika bermeditasi, saya sempat ngira. "Wah , ini jangan jangan past life gue?"

##########################################

#Hal hal Menarik ketika naik

Kalau memang mau diamati, memang bisa jadi banyak sekali hal hal menarik jika keatas. ad yg menampilkan diri sebagai nabi, sebagai wali, sebagai dewa, bahkan  sebagai Tuhan. yg kalau tidak hati hati, bisa saja terkecoh.

Sehingga,  wajar saja, diakhir hayatnya nabi muhammad saw berpesan untuk berpegang erat pada warisan peninggalannya. yaitu alquran dan hadis.

##########################################

Kundalini belum tentu pasti sesat

Jadi, mungkin gitu ya, jadi ya, susah juga menyebutkan, kalau belajar kundalini pasti sesat, tergantung temuannya juga, mungkin ya.

Hanya, mungkin, lebih enak ngebahas kundalini, dari aspek kesehatan ya. Atau bagaimana membahas kundalini dapat membantu agar pikiran kita biaa agak lebih santai.  Ketika ngebahas dari sisi spiritual,  kadang agak berat juga. sebenarnya. 😁

#########################################

#Penasaran

Trus ad yg celetuk, tanya begini. Kalau memang ada master yang menemukan bahwa reinkarnasi itu gak ada, trus apa dong yg kami dan mas jery lihat ketika meditasi atau ketika melakukan scan?

wah,ini menarik pertanyaannya, soalnya ad jga temen indigo, yg kalau dia lihat orang, suka keliatan, peristiwa peristiwa tertentu, past lifenya seseorang tersebut.

Mungkin ad beberapa konsep untuk menjawab hal tersebut. Cuma karna agak berat topiknya. Semoga dilain waktu ada kesempatan lagi 😁