Saturday, October 17, 2020

KUNDALINI: PERBEDAAN (MUNGKIN) ADALAH WAJAR SAJA

 ##KUNDALINI: PERBEDAAN (MUNGKIN) ADALAH WAJAR SAJA


Perbedaan dalam hidup, adalah hal yang biasa biasa saja, karna perbedaan itulah yg membuat hidup ini kadang menarik. 

Hampir dari banyak hal, terdapat perbedaan, termasuk dalam hal kundalini sekalipun. Mungkin kali ini, kita akan bahas perbedaan konsep kundalini, dari segi jalur.

Sejak awal saya belajar kundalini, dari master yang pertama, sampai yang terakhir. Atau sekedar baca baca dari karya seorang master atau kebetulan ad temen yg master. Saya menemukan, beberapa versi tentang jalur kundalini.

Sebut saja, tentang jalur sushumna saja deh. Konsep umum yg memang sudah dari ajaran yoganya. Kita tau jalur sushumna itu, ada di "dalam" tulang belakang, jalurnya kecil, tapi bisa dilebarin sampai seukuran badan.

Sushumna, dikenal dgn tempat terletaknya akar chakra.dan disana ad simpul jga y, kalau tak salah. Simpul ini yg harus dibuka agar jalur bisa lancar.

Namun, ada yang menarik, saya ada temen, master kundalini, master gtumo, beliau pernah ungkapkan, waktu itu sya bingung bingung diawal. 

Bahwa, menurut hasil pengecekannya, sushumna itu,  bukanlah terletak ditulang belakang. Tapi ada di tengah badan, sejajar jalur tantien tapi beda dimensi ya.  Jadi, menurut beliau, akar chakra terletak disana.

Sehingga, beliau katakan, dia pernah berguru dgn master yg  ngajarin pakai jalur tulang belakang,  dia merasa gak nyaman, dan malah jadi sindrom.

Lalu beliau, coba pakai jalur yg ditengah,  menurutnya kundalininya bsa plong keatas, dan bahkan intinya sampai chakra mahkota.

Beliau sempat menawarkan bantuan kesaya, agar menggunakan jalur yg sama. tapi karna sya waktu itu masih fanatik fanatiknya dgn jalur belakang krna mmang itu konsep "umum" dan sdah ad beribu ribu tahun, maka y saya tolak halus gitu.

Hingga suatu masa, mata saya mulai melek, dan bisa dikit dikit melihat jalur energi. Maka sya iseng scan beliau. Hasilnya menarik....

#########################################

Menarik karna, kalau dilihat, ih memang, jalurnya ditengah...!  dan kok bentukan chakranya, persis seperti konsep beliau....!!!!!! Loh kok bisa., Kepikiran sama saya, kok chakranya begitu. Gimana caranya dia bikin akar chakranya berpindah ketengah......

Gak habis pikir saya. Saya searching serarching lagi soal jalur kundalini. Dapatlah jalur versi barbara brennan. Praktisi energi, cuma orangluar negeri. Saya amati, kok jalurnya mirip ya.  akar chakranya dan posisi chakranya persis seperti yg dgambarkan temen saya tadi. Saya amati, murid murid beliau, jalurnya persis sama dgn barbara.

Wah, apa jangan  jangan, memang seprti itu harusnya jalur yg normal itu????

Sampai sampai galau jga. Hingga akhirnya, saya diskusi sama salah seorang senior dalam dunia energi.  Saya tanyain , beliau itu jalurnya seperti ini. Apa iya pak?

Beliau jawab "Iya",  wah, pas ternyata. Muncul pertanyaan, kenapa bisa jalurnya seperti itu? Beliau lalu bilang... "Hmm..bingung jg ya, tapi mungkin begini"

"Wes...sewes sewes..wes wes..." begitu bisik beliau. Wah menarik sekali, bisa begitu. Sya simpen ya, konsep yg beliau bilang. Mana tau bener.

########################################

Semakin hari, beberapa temen temen suka curhat mengenai, gejala sindrom kundalini yg dialami.  Hingga suatu saat, ada wanita yg curhat. minta dicekkin jalurnya.

Ketika saya cek, hasilnya menarik. Ntah kenapa jalurnya unik. jadi, dari perinium, smpai sekitar sejajar pinggang, lalu jalurnya belok kedepan, lalu mentok smpai depan badan, lalu naik keatas....dan anehnya naik ke leher, trus tembus keatas. 

Dgn kata lain, energi kundalininya lolos keatas, walau dgn jalur kundalini, yg sya pikir "Kok aneh ya". Intinya jga naik keatas, walau belum smpai chakra mahkoa.

Yang tidak sya habis pikir, mengapa jalurnya bisa begitu. Saya penasaran, dan bertanya kepada beliau. Siapakah yg menshaktipat beliau? beliau bilang.."Gak ada", saya bisa ad kemampuan healer dari lahir,  dan sya ngerti scan jg dari lahir. Begitu kata beliau.

Saya pun jadi bingung,  bagaimana jalur ini bisa terbentuk ya. Saya amati, ad sekat tertentu di punggungnya, lalu mmbuat kundalininya kedpan , lalu keatas.  

"Oooo..i seee'

########################################

Ada kasus lain lagi , temen yg inbox. Minta cekkan jalurnya. Saya cek bagus jalurnya, energinya  dari sushumna lalu plong keatas. tapi ada yg aneh, knapa intinya ada dikepala belakang agak keatas. Mengapa tdk dinaikkan saja ke chakra mahkota. 

Saya penasaran, saya tanya mengapa begitu. Lalu beliau menjawab "Kan memang harusnya gitu mas jer, inti kundalini kan harusnya mentoknya, dibelakang kepala"

Setelah dengar itu, sya pun paham. "Masternya  pak anu ya". Dan sepertinya benar 😁

Ada kasus lain jg, dimana , ada  temen curhat jga mengenai jalurnya. Saya coba cek. Energi kundalininya naik smpak kerongkongan, tapi ada yg menarik. Jika dicek bagaimana naiknya.

Jadi, dari sushumna tulang belakang, lalu naik keatas, smpai punggung tengah bewah, belok ketengah badan, lalu dari tengah, naik keatas. lolos jalur sempit ditegorokan bawah, hanya syangnya trsumbat disekitar kerongkongan.

Saya, agak bingung, bagaiimana jalurnya bsa demikian, saya coba diskusi lagi dgn senior. Mengapa bisa demikian, "Coba deh perhatikan lebih detail lagi", kata beliau.

Saya cek, memang sepetti ad bentuk trtentu yg memmbuat kundalininya belok ketengah lalu keatas. "Wah ternyata bisa begitu ya".

Kejadian kejadian ini, makin membuka chakrawala ssya, bahwa kundalini itu sndiri luar biasa. Ada dugaan "Jalur nadi  manusia itu bersifat fleksibel', bisa diotak atik, walau saya sendiri belum tau caranya

Mungkin saja, ada bentukan jalur yg memang "sdah dari sononya", tapi ad jg bentukan jalur yg dibuat atau trbuat secara spontan. Namun, tentu dgn konsekuensinya masing masing. Mungkin saja.