Saturday, October 17, 2020

KHALIFAH ADALAH SOAL KONTRIBUSI

 ###KHALIFAH ADALAH SOAL KONTRIBUSI


Sebelum diterjunkan kemuka bumi, semua roh manusia sudah disumpah agar sedia menjadi pengabdi sekaligus khalifah Allah dimuka bumi.

Bisa dibayangkan, kita yg kecil ini, diberi amanah yg lumayan berat. yaitu khalifah atau wakilnya dimuka bumi ini. 

Lalu sebenarnya apa yg dimaksud khalifah Allah ini? Dulu, sebelum ada cukup referensi, saya mengira menjadi khalifah Allah itu, harus ma'rifat dulu, dan harus menempuh jalur thoriqoh, dan Ahli dalam berzikir.

Pemahaman itu lahir karna saya prnah sedikit nimbrung dipengajian tasawuf yg diikutin papa saya. Dipengajian tersebut, disebutkan, gelar 'khalifah', itu bukanlah orang sembarangan, ia haruslah mencapai  ma'rifat, dan maqomnya sudah tinggi, sehingga senantiasa hidupnya bersama Allah.

dan yg berhak memberikan gelar khalifah itu, hanyalah mursyid yg bersangkutan, mungkin setelah proses tazkiyatun nafs yg panjang, maka pada akhirnya, mursyid akan mengukur tingkat pencapaiaan muridnya...

Jadi, kesan saya, waktu itu, wah berat banget ya, buat mencapai tingkat khalifah. 

#####

Hingga suatu waktu, setelahnya, saya pernah baca suatu buku tafsir.  Disana, ulama tersebut menjelaskan apa sebenarnya makna dari khalifah Allah. Hal ini menjadi penting bagi sya, karna emang sya meyakini, bahwa, dulu udah janjian sama Allah untuk jadi khalifah. jadi saya penasaran jga, gmana sih tugas khalifah itu.

Kembali lagi, pada tafsir ulama ini, menurut beliau, khalifah Allah,  artinya adalah wakil Allah dalam mengelola alam semesta ini.

Dalam artian, khalifah adalah orang yg menjaga , mengelola, dan mengantarkan segala sesuatu sesuai dgn tujuan ciptaanNya.

Jadi, khalifah bisa diartikan jg, penjaga alam semesta agar tetap seimbang dan harmonis.

Ulama ini mencontohkan, misalnya, ada orang yg memetik bunga sembarangan, bisa dikatakan ia bukanlah khalifah, karna ia telah merusak keharmonisan dari tumbuh kembang bunga tersebut. itu baru contoh kecil ya.

Menebang pohon sembarangan, memburu hewan hewan ,lalu membuatnya punah, itu jga bukan contoh khalifah Allah (tapi pengkhianat)

Akhirnya sya sdikit agak ngeh dgn penjelasan ulama ini. Tingkat lanjut dari pemahaman tugas khalifah ini , dapat diartikan adalah orang yang memberikan kontribusi positif pada alam semesta.

Misalnya saja, dokter, dokter ini disebut khalifah, ya karna  kontribusi dia  adalah menjaga orang orang agar tetap sehat.

atau sebut saja, pelawak, pelawak jga bisa disebut khalifah, krna dia menjaga agar orang orang bisa kurang stresnya dan tetap bahagia.

Begitu jga, seorang lawyer professional, dia berkontribusi menjaga orang orang agar bisa mendapatkan keadilan sesuai dgn haknya.

Wah, kalau gini, rasanya sya bisa agak paham, dan rasanya, walau tetap berat. tapi gak seberat pemahaman konsep khalifah yg sebelumnya saya pahami ya.

Jadi, sepanjang saya punya  kontribusi bagi orang orang dilingkungan sekitar (dgn niat ibadah), itu artinya ,saya sdah mencoba menjadi khalifah Allah