Saturday, October 17, 2020

CARA MELIHAT SETAN

Disadari bahwa  tujuan kita sebagai roh, yaitu bisa selalu bahagia, baik bahagia dialam dunia, maupun dialam akhirat.  Dan satu satunya jalan untuk mencapai bahagia adalah selalu taat pada Allah, menjalankan tugas tugas yg sdah Allah gariskan.

Hanya, yg namanya, tugas, tentu biasanya, ad ada saja penghalangnya. Dalam islam, dikenal istilah setan. Disebutkan bahwa Setan adalah penghalang kita untuk bisa taat ke Allah.

Ada ayat dialquran yg menyatakan bahwa, kta mesti komit menjadikan setan sebagai musuh kita. bahkan musuh yg nyata 

Hanya tak jarang, dgn istilah setan, seringkali kesannya horror, bahkan kesan pesimis sudah dulu kita rasakan. 

misalnya nih, "Gimana bisa menang lawan setan, setan bisa liat kita, tpi kta gak bsa liat setan"

Mungkin, ini ada benarnya, ya sesuatu yg mmang tdk bsa kita liat, akan relatif lebih sulit dikalahkan.

cuma yg perlu dipahami, jika setan ini adalah musuh yg nyata harusnya setan ini bisa kita lihat, dan karnanya pasti mampu kita kalahkan.

Lantas, bagaimanakah cara kita melihat setan?

##################################

#CARA MELIHAT SETAN 02

#Setan bukan makhluk

Pertama mesti dipahami dulu apa itu setan. Umumnya jika kita sebut setan, maka yg terbayang adalah makhluk merah bertanduk, membawa trisula dan suka berbisik bisik ditelinga kita.

Namun, apakah benar demikian? Mungkin, kita perlu kembali lagi pada konsep makhluk, menurut info di alquran, ada 3 makhluk utama ciptaanNya, yaitu malaikat, jin, dan manusia.

Lantas, siapakah setan itu? dia termasuk golongan mana? jika kita merujuk pada alquran, ternyata setan jg disematkan pada manusia, bahkan bisikan pun, ada dua jenis dari bisikan dari jenis jin dan manusia. (surat an nass). 

Ini artinya, setan tdk melulu identik dgn jin ya. tapi manusia juga. Lalu apa sebenarnya konsep setan ini?

ada seorang ulama, menyatakan, bahwa sebenarnya setan ini adalah suatu konsep gelar atau julukan, sama halnya dgn gelar "si cerewet" , atau si "panjang tangan" atau si "merak merah".

Menurut ulama ini, setan adalah julukan, yg disematkan pada siapapun dan apapun yg bersifat menghasut ,agar kita membangkang dari perintah Allah.

Maka wajar saja, manusia yg ber"bisik" untuk kita biar berbuat yg keliru, bsa disebut setan jga.

Jadi, jelaslah ya, setan itu bukanlah makhluk, tapi ia adalah julukan, yg bsa saja disematkan pada jin dan jga manusia.

##################################

#Melihat Setan

Konkretnya begini, misal ada temen didepan kita lalu dia tetiba cerocos ngomongin orang, terangnya ajak kita kolab bareng untuk gunjing.

Maka ,bisa disebut. dia adalah setan. 😈

Sebab, saat itu, dia ngajakin kita untuk buat dosa gunjing.

Contoh lain, ada pasangan , tetiba ngambek tidak jelas, atau marah marah tdk jelas. lantas kita pun ada rasa kepancing buat marah.

Mesti diinget, yg dihadapan kita itu adalah setan. sebab dia sedang menghasut kita buat marah, yg jelas jelas dosa ya.

Anak, tak jarang bsa jg jadi  setan. sebab di saat waktu dia imut banget. tetiba, dia lakuin hal ,misalnya pulang malam, trus sama lawan jenis pula,  trus ngotot ngerasa bener. ini jg kategori setan jg sih 

Dalam beberapa kasus, kta sndiri jg bsa menjelma jadi setan. misal saat kta bertingkah nyebelin, nah itu lah , kita sdah sukses jadi setam bagi orang disekeliling kta.

Jadi, mudah kan, melihat setan?

##################################

#Cara mengalahkan setan

Jika, definisi setan demikian, rasanya gak susah ya untuk melihat setan. jika sudah bisa dilihat, rasanya setan bisa lebih mudah untuk me"ngalahkan"nya.

Lantas bagaimana trik mengalahkan setan? 

Mudah saja sebenarnya. Rasulullah saw sudah mengajarkan, ketika setan "berbisik" maka segera ucapkan ta'awudz, .....lalu segera ingat ingat lagi perintah dan ajaran Allah.

cara paling mudah, langsung beranjak saja. Biarkan   sitemen, si pasangan, si anak cooling down dulu, sampai nanti tanduknya sdah ilang. baru deh, deketin lagi 😁