Wednesday, October 21, 2020

MENARIKNYA SHAKTIPAT

Shaktipat adalah  salah metode yang menarik untuk membangkitkan kundalini.

Untuk memahami "menarik"nya shaktipat. Mungkin saya akan berikan gambaran tentang proses melatih kundalini. Untuk melatih kundalini , agar mencapai tahap sempurna. Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan.

Tahap awal, yaitu pembangkitan, untuk pembangkitan, adalah tahap gimana gulungan kundalini bisa kebuka, sehingga energi kundalini bisa menyembur keluar.

Umumnya ada beberapa latihan yang perlu dilakukan, sehingga gulungan kundalini dapat terbuka. Sebut saja teknik pernapasan jambangan, teknik ini memadukan kontrol energi panas dan energi dingin dari dada dan dari alat reproduksi, lalu kedua energi tersebut disatukan ditantien,  kemudian ditembakkan ke kundalini, melalui satu tarikan nafas. Disebutkan, Perlu beberapa siklus latihan yg fokus dan konsisten agar mencapai hasil yg optimal.

Bsa saja dibutuhkan latihan berbulan bulan ,sehingga gulungan kundalini bisa terbuka. Belum lagi latihan latihan lain, misal latihan postur tubuh dan lainnya.

Saya pribadi pernah diajari  salah satu master saya untuk ngelakuin pernapasan ini, dan lumayan repot jg sih , bagi sya waktu itu. Bagi saya yg pemalas, latihan ini sangat ribet. Sungguh.

Tahap selanjutnya, perkembangan kundalini adalah tahap pembersihan, dimana energi kundalini membersihkan semua hambatan disushumna, baik berupa energi negatif, trauma, maupun  hal negatif lainnya. Pada tahap ini kundalini juga akan membuka simpul chakra  dan membersihkan setiap chakra yang dilaluinya.

Ada beberapa variasi latihan yang perlu dilakukan pada tahapan ini. Mulai dari membuka sushumna , membuka nadi ida dan pinggala, membersihkan hambatan hambatan dichakra , ngegrounding dan lain sebagainya.

Untuk mencapai fase ini saja, bisa saja menguras banyak fokus dan waktu. Konon, untuk membuka satu chakra saja, bisa memakan waktu berbulan bulan, bahkan tahunan, terutama untuk chakra ajna dan chakra mahkota yang dikenal sulit banget dibuka simpulnya.

Ketika energi kundalini sudah keatas dan kemudian api kundalini sudah naik ke chakra mahkota, seluruh jalur dan chakra sudah cukup bersih, maka inti kundalini akan mulai naik. Naik dari perinium  ke chakra dasar, lalu kechakra seks, lalu kechakra pusar dan trus keatas, sampai kechakra jantung.

Jika inti kundalini sudah naik mencapai chakra jantung, bisa dikatakan ,pada tahapan ini, kundalini sudah mencapai tahap pemurnian

Pada tahap pemurnian, kundalini akan melakukan pembersihan lanjutan pada chakra , sehingga chakra bisa semakin lebar. dan begitu seterusnya sampai sushumna semakin melebar, sampai akhirnya ukurannya mentok seukuran badan.

Lalu kemudian, inti kundalini bisa naik keatas lagi, dan mencapai puncaknya di chakra mahkota. Konon, ketika  inti sudah mencapai chakra mahkota, maka seorang tersebut sudah mencapai kesadaran kosmos. Disebut, inilah tahapan puncak pencapaian latihan kundalini.

Dengan teknik kuno, untuk mencapai semua tahapan tersebut, bisa saja memakan waktu puluhan tahun. .

Dikeyakinan yoga tradisional, dikatakan butuh beberapa kali siklus kehidupan, agar seseorang dapat mencapai kesempurnaan perkembangan kundalininya (inti kundalini sampai kechakra mahkota). Lama banget lah pokoknya.

Bahkan ada konsep yg menyatakan bahwa ketika seseorang yang intinya sudah naik kechakra jantung saja, itu sudah luar biasa banget, Bisa dikatakan sudah mencapai tingkatakan master yoga. Dan yang mencapai tahapan ini juga jarang banget.

Bisa dibayangkan, betapa panjang dan sulitnya perjalanan melatih kundalini itu...!!!!!

Seiring perkembangan zaman, muncul metode metode baru untuk mempercepat perkembangan kundalini. Sebut saja shaktipat.

Apa itu shaktipat? Secara definisi, Shaktipat adalah proses pemindahan tenaga dari seorang master kundalini pada calon praktisi, sehingga praktisi mengalami kebangkitan kundalini dgn relatif cepat.

Melalui shaktipat, gulungan kundalini terbuka, dan jalur  kundalini dibentuk sedemikian rupa, begitu pula chakra dibuka simpulnya, lalu dilebarkan dengan optimal. Sehingga kundalini bisa bangkit seketika dgn relatif aman.

Beberapa tipe shaktipat, ada yang langsung menaikkan energi kundalini keluar ke kechakra mahkota. Beberapa ada juga yang bahkan langsung menyempurnakan kundalini, mulai dari proses pembangkitan, pembersihan, pemurnian, dan hingga menaikkan inti kundalini langsung kechakra mahkota praktisi secara sempurna dan anehnya intinya bisa stabil dichakra mahkota.....!!!

Anehnya (lagi), semua bisa dicapai dalam waktu hitungan menit. Bayangin, Latihan puluhan tahun, bisa dicapai hanya dalam hitungan menit.....!!!!

Menarik ya?

Saya pikir, shaktipat membawa loncatan baru bagi perkembangan olah kundalini. Sehingga sesuatu yg rasanya tidak mungkin, malah menjadi mungkin.