Saturday, October 17, 2020

ALQURAN PEDOMAN HIDUP

 #ALQURAN PEDOMAN HIDUP 01


Apa itu alquran? untuk memahami apa itu alquran, mungkin kita perlu menyadari siapa diri kita. Mungkin, mesti dipahami bahwa manusia adalah produk yang Maha Kuasa. Pabrikan kita ada dialam roh, lalu dikasih  kesing, didalam perut ibunda.Setelah jadi, maka kitapun "meluncur", ke alam dunia. Maka, Disebutlah kita manusia.

 Sebagaimana suatu produk tentunya memerlukan "manual book" atau buku panduan pakai, agar cara pakainya enggak salah atau ngaco lalu mengalami kerusakan. Smartphone saja, ada manual booknya. 

Tentu, manusia yg sangat canggih, harusnya ada "manual book"nya. Lalu apa 'manual book'nya manusia, itulah Alquran.

Singkatnya, Alquran adalah manual book buatan Yang Maha Kuasa yang berisi kumpulan ajaran agar manusia bisa 'benar' menggunakan dirisendiri, sehingga bisa berjalan sesuai fungsinya, awet, dan gak cepat 'rusak'.

#########################################

#ALQURAN PEDOMAN HIDUP 02

Semua manusia pasti membutuhkan kebahagiaan, butuh untuk  'tidak rusak', maka bisa dikatakan bahwa sebenarnya kita butuh alquran. Sebab alquran, dirancang sebagai manual book untuk manusia, agar bisa bahagia, selaras, harmonis.

#########################################

#ALQURAN PEDOMAN HIDUP 03

Dalam hidup, kita pasti menemukan banyak sekali perbedaan perbedaan pendapat, menurut pendapat si A,  menurut pendapat si B, nurut Si C. Yang rasanya semuanya benar. Sehingga membuat kita bingung.

Sebenarnya, kebingungan ini, tidak perlu terjadi, jika sudah disadari bahwa Alquran lah, satu satunya sebagai pedoman hidup.

Sebagai contoh, ada teman yang curhat mengenai keminderannya soal statusnya yang bukan 'wanita karir'. Soalnya dalam keluarga besar suaminya, rata rata wanitanya punya karir, kerja kantoran. 

Si suaminya pun, merasa minder dan istrinya 'biasa saja' , sebab cuma dirumah rumah saja, ngurus anak. 

Suami sempat membanding bandingkan, istrinya dgn wanita wanita lain yg punya karir besar dikantor.

Sebenarnya, rasa minder ini tidak perlu terjadi. Jika temen ini, dan suaminya, mmbaca alquran. Di Alquran jelas, bahwa tugas mencari nafkah, adalah urusan suami. bukan istri.

Istri sendiri tugasnya adalah untuk menjaga , mengelola, memfasilitasi dan merawat segala keperluan rumah tangga. Mulai dari uang, harta, anak anak, dan suaminya sendiri, yg sebenarnya itu merupakan suatu pekerjaan berat tersendiri.

Singkatnya, urusan 'luar rumah' adalah urusan suami, urusan 'daleman rumah' adalah tugas istri. Paling tidak , inilah konsep dasar yg ada dalam rumah tangga islami.

Jadi, rasanya tidak pas, rasa minder, dan bahkan menuntut istri harus ngantor. 

##########################################

##ALQURAN PEDOMAN HIDUP 04

Dgn adanya Alquran, kita jadi enggak perlu ragu lagi dalam setiap setiap pengambilan keputusan dan sikap hidup, terutama ketika ada banyak pembisik, atau input yg datang. Ntah itu dari ortu, kerabat, temen dan lainnya, jika memang sudah sejalan dgn alquran ya gak perlu ragu. 

Dan jaminan, kebenarannya, adalah dunia akhirat. Itulah enaknya, jika kita sudah komit untuk menjadikan Alquran sebagai pedoman hidup, dgn kesadaran bahwa Hanya Alquran yg akan membawa kita ke kebahagiaan,  dan keselamatan diakhirat.

##########################################

#ALQURAN PEDOMAN HIDUP 05

Ada contoh kasus lagi. temen. wanita yang merasa minder berpasangan dgn calon pasangannya, yang tamatan S1. Sementara ia hanya tamatan SMA dan juga enggak ada kerjaan.

Beliau menceritakan kegelisahan ini, mendengarnya saya agak bingung. kok gitu, hingga akhirnya coba disampaikan kebeliau bahwa. Apa sebenarmya tujuan pernikahan itu. Beliau sepakat bahwa, sakinah atau bahagia adalah tujuannya. Lalu ketika disampaikan apakah ada kontribusi tingkat pendidikan formil seseorang menentukan kebahagiaan dalam rumah tangga, nyatanya, enggak ada. Hingga akhirnya disadari bahwa, penentunya adalah soal komitmen, sejauh mana pasangan berpegang pada ajaran alquran, maka sejauh itu pula kebahagiaan rumah tangga ini dapat dicapai.

jadi, smw jadi mudah, jikalau pemahaman pemahaman kita selaras dgn alquran, hal hal yg tdk perlu, ribet, yg ada, dapat terkikis dgn sendirinya.

##########################################

##ALQURAN PEDOMAN HIDUP 06

Persoalan lain, misalnya. Dulu sewaktu kuliah difakultas psikologi. Ada temen berpendapat bahwa marah adalah suatu hal yg wajar. Dasar yang beliau jadikan alasan adalah bahwa marah adalah suatu bentuk respon bertahan diri manusia, dan marah jika tidak disalurkan akan menimbulkan ketidak seimbangan psikologis.

Awalnya saya merasa bener juga, sebab kalau marah, jika dipendam kan gak enak. Hanya saja, rasanya agak janggal juga. Jika kita melihat ajaran islam, kita diajarkan untuk bersabar, dijanjikan jika kita mampu bersabar, maka surga adalah janjinya.

Bahkan kita diajarkan untuk memaapkan meski tanpa diminta, walau dijahatin bagaimanapun. 

Hal ini sudah dicontohkan nabi, bagaimana nabi sendiri diludahi, dilemparkan kotoran ketika solat, nabi gak marah, malah ngedoain, bahkan nabi tetap berkunjung kerumah orang yg menzaliminya disaat sakit.

Pernah kejadian, nabi, dimana aisyah, yang ngerasa kesal  dan cemburu pada nabi, lalu memecahkan piring didepan nabi dan para sahabat. Apakah nabi marah? enggak, nabi malah senyum dan mencandai aisyah.

Belum lagi dimana, ada kejadian nabi dan sahabat ngeliat ada seorang badui kencing didepan mesjid. Ada sahabat yg langsung marah, tapi nabi ya  selow saja . dan hanya meminta sahabat lain untuk menyiram air saja ketempat yg terkena air seni.